Mengelola email yang baik di thunderbird
Kunci utama dalam mengelola/memanage email adalah pengelompokan yang baik dari email-email yang masuk maupun yang keluar. Dua langkah utama yang harus dilakukan yaitu1 . Pengelompokan
Pertama-tama, kenali email-email yang paling aktif. Yang disebut aktif adalah email tujuan yang sering kita kirimi, atau email dari orang yang sering datang kepada kita. Dari data-data tersebut kemudian kita membuat pengelompokan seefisien mungkin.
Misal saya memiliki kesibukan email
1. client dari pasarmobilindo.com
2. client dari proschoolsystem.com
3. Calon client
4. Aktivitas pelayanan a
5. Akitivitas pelayanan kepanitiaan b
6. Email pribadi dari a
7. Email pribadi dari b dst
Dari kesibukan-kesibukan tersebut saya membuat pengelompokan menjadi 3 besar
1. Pekerjaan
2. Pelayanan
3. Pribadi
Dalam Pekerjaan kemudian dipisahkan lagi menjadi client-client saya misal pasarmobilindo.com , proschoolsystem.com dan client-client lainnya.
Pelayanan dibagi menjadi Pelayanan a, b dan seterusnya
Pribadi dibagi menjadi , a , b, c dan seterusnya.
Pengelompokan ini kemudian dituangkan dalam folder-folder di dalam local folder.
2. Membuat Email Rules
Langkah berikutnya adalah membuat email rules dimana kuncinya adalah mail from, to or CC ke, kemudian dipindahkan ke folder yang sesuai.
Misal kita ingin mengelompokkan email dari client pasarmobilindo.com.
Kita membuat message rules dengan
From contains pasarmobilindo.com, atau To or CC contains pasarmobilindo.com, akan dipindah secara otomatis ke folder pekerjaan-pasarmobilindo.com.
Langkah yang sama dilakukan untuk email-email yang lain misalnya proschoolsystem.com.
Lakukan policy seperti ini setiap anda mendapat pelanggan baru ataupun kontak person yang baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar